Bahan Cloth Diapers Apa Yaa??

Label: , , , ,

Bingung dengan cloth diapers..?? Ada yg murah, ada yang mahal, mau beli yang mana yaa...??^_^ memang tiap jenis cloth diapers itu tidak semua sama. Kita bisa mengetahui dari bahan yang digunakan untuk membuat cloth diapers tersebut, seperti microfiber, fleece, bamboo, dan seterusnya.
Yuk kita lihat masing-masing bahan ini...^_^

Lapisan luar/outer cloth diapers, banyak dibuat dari PUL / Poly Urethane Laminated, istilah gampangnya, bahan polister yang terlaminasi. Bahan ini dibuat dari kombinasi kapas dan polister. Kelebihan bahan ini bisa mengalirkan udara sehingga kulit bayi tetap bisa 'bernafas', tidak seperti bahan plastik yg kedap udara. 
Outer PUL
Selain bahan PUL, lapisan luar clodi ada yg menggunakan bahan minky/beludru, setelah dilaminasi bahan ini akan bersifat sebagai lapisan kedap air. Kelebihan produk ini lebih adem di kulit bayi, dan kelihatan lebih elegan..^_^


Outer Minky
Fleece/microfleece ini adalah material sintetik, biasa digunakan sebagai lapisan dalam (inner) pada cloth diapers. Disebut fleece (bulu) karena bahan ini sepintas mirip seperti bulu halus. Fleece ini yang langsung bersentuhan dengan kulit bayi. Fleece sangat lembut, bersifat menyerap air sehingga menjadikan kulit bayi tetap kering selama memakai cloth diapers.
Bahan ini juga dapat tetap mengalirkan udara, mudah dicuci, dan cepat kering ketika dijemur.
Contoh yang menggunakan microfleece:

Inner Microfleece
Selain fleece/microfleece, bahan untuk inner cloth diaper biasa juga menggunakan suede cloth. Kelebihan suede cloth ini lebih adem, lebih cepat kering, tahan terhadap noda, mudah dibersihkan sehingga tampak seperti baru terus.

Contoh inner suede cloth:
Inner suede cloth
Inner cloth diapers juga ada yang menggunakan bahan bamboo. Bambu? Ya, bahannya dari serat bambu. ^_^ Kelebihan dari bambu ini bahannya lembut, mengalirkan udara, menyerap cairan lebih cepat, mempunyai sifat anti bakteri, dan lebih mudah dibersihkan apabila terkena kotoran. Bahan bamboo ini cocok buat bayi yang kulitnya sensitif. Bahan bambu ini memerlukan pre wash yang lebih banyak dibandingkan dengan bahan microfiber.

Contoh inner bamboo:
Inner Bamboo
Microfiber, bahan yang biasa digunakan sebagai insert/penyerap. Microfiber merupakan kombinasi polister bahan sintetik (bahan ini banyak digunakan sebagai bahan handuk mandi). Microfiber mempunyai daya serap yang bagus, menyerap cairan dengan cepat. Hanya saja, bahan ini tidak boleh digunakan terus menerus secara langsung di atas kulit bayi karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Contoh insert microfiber:
Insert microfiber
Selain microfiber, sebagai insert/penyerap juga digunakan bamboo. Keunggulan bahan ini bisa dilihat lagi di atas^^. 


Contoh insert bamboo:
 
Insert bamboo
Selain insert bamboo tersebut ada jenis insert bamboo lainnya seperti:

Bahan yang juga biasa digunakan sebagai insert adalah hemp (rami). Keunggulan dari bahan ini adalah daya serapnya yang tinggi, awet, dan memiliki sifat anti bakteri. Setelah dicuci, bahan hemp ini akan menyusut sekitar 10%. Namun semakin ia sering dicuci, maka semakin tinggi daya serapnya dan semakin lembut. Insert dari bahan hemp ini bisa dijadikan sebagai pilihan utama untuk anak yang volume pipisnya sangaaaaat banyak! ^_^

Insert hemp
Ada juga insert yang terbuat dari bahan baby terry. Sebenernya di pabriknya tidak ada nama baby terry ini...yang ada ya terry saja. Bahan terry ini sendiri sifatnya sama seperti fleece. Hanya berbeda di ketebalan kain dan teksturnya yang tidak berbulu seperti fleece, tapi seperti handuk.
Insert Terry
Nah jangan bingung-bingung lagi ya, bunda..^_^ Kalau sudah tahu bahan-bahan clodi, sekarang jadi mudah kan.. ?^^ Kalau soal merk, banyaak banget bun. hanya sekarang tergantung dari anggaran kita masing-masing. Mau pilih yg mana..?

Harga clodi berkisar dari sekitar Rp40.000 hingga Rp300.000
Ada produk lokal, seperti Pempem, GG, Cluebebe, Enphilia, Sheizy, Zigie Zag,dll.. 
produk lainnya seperti Coolababy, GreenNappy, babyland,QQ minky, moo moo kow, blueberry, rumparooz, Fuzzi Bunz, dll..

*semuanya kembali kepada anda yang memilih..^^

*Diringkas oleh griya belanja humayroh dari berbagai sumber dengan beberapa penyesuaian*

kembali ke daftar artikel

Comments
1 Comments

1 komentar:

Posting Komentar