Memilih Breastpad Yang Tepat

Label: , , ,

Ibu menyusui pasti pernah alami ASI rembes sampai membasahi baju (bahkan tembus jilbab!). Tidak menjadi problem berarti jika terjadi di rumah. Bagaimana jika terjadi di tempat umum? Malunya sukar untuk dilukiskan dengan kata-kata!

Berikut tips memilih breastpad yang tepat untuk ibu:

1.        Breastpad atau penyerap ASI menyelamatkan ibu (dan bapak di sampingnya :p ) dari rasa malu jika ASI "bocor" di tempat umum.
2.       Pernah cek bra rusak akibat kena rembesan ASI yg tdk segera dibersihkan? Timbul jamur, bahan bra jadi kaku bahkan sobek?
3.       Rembesan ASI yang tidak segera dibersihkan juga bisa jadi sarang bakteri dan jamur! 
4.       Jadi, breastpad adalah properti penting untuk ibu menyusui maupun ibu yg memerah ASI!
5.        Bentuk breastpad pada zaman dulu adalah potongan handuk/kain katun kecil yang dilipat beberapa lapisan lalu disisipkan di bra. Pernah pake metode itu kan? 
6.       Sekarang sudah ada breastpad modern yang lebih simpel dan praktis. Umumnya terbagi 2: disposable (sekali pakai) dan washable (bisa dicuci, lalu dipakai lagi)
7.        Ibu bisa memilih disposable breastpad atau washable sesuai sikon, bahkan kombinasi keduanya.
8.       Pilih washable breastpad jika ibu ingin menghemat pengeluaran & pemakaian jangka panjang.
9.       Namun jika ibu tidak punya waktu untuk mencuci,dan bersedia mengeluarkan biaya lebih, maka disposable breastpad bisa jadi alternatif.
10.     Pilih washable breastpad yg terbuat dr 100% katun untuk memaksimalkan sirkulasi udara di area payudara. Jangan yang menggunakan lapisan plastik.
11.      Sirkulasi udara minim akan menciptakan lingkungan lembab yang disukai bakteri dan jamur.
12.     Beberapa merk washable breastpad menambahkan fleece atau dekorasi berupa renda di lapisannya.Ini diperbolehkan, selama lapisan sisanya terbuat dari katun.
13.     Hindarkan mencuci washable breastpad dengan deterjen yang mengandung softener/pelembut. Ini akan mengurangi daya serap breastpad.
14.     Jika kondisi hanya memungkinkan ibu memakai disposable breastpad, pilih yang terbuat dari 100% kapas & kertas. Pilih yg warnanya tdk terlalu putih, karena ini berarti mengandung banyak pemutih.
15.     Prinsipnya sama, jika breastpad menggunakan lapisan plastik/waterproof maka sirkulasi udara tidak akan maksimal. Ini dapat mengundang bakteri.
16.     Breastpad dengan sirkulasi udara terbatas malah memperburuk kondisi payudara, menyebabkan lecet, dan berisiko infeksi. Tau sakitnya menyusui dengan payudara lecet ?
17.     Disposable breastpad sangat ideal jika ibu melakukan perjalanan lama,atau tidak punya waktu untuk mencuci breastpad.
18.     Apapun pilihan ibu, segeralah ganti breastpad yang sudah basah (2-3 jam sekali). Jangan tunda agar area payudara tetap sehat, bakteri jamur jauh!


Dikutip dengan penyesuaian bahasa oleh Shofi Shop Jogja.
Sumber:  Baby-Oz

kembali ke daftar artikel

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar